Kamis, 07 Maret 2013

Baris Perintah Dengan Cepat pada Linux


Terdapat beberapa cara untuk menggunakan baris perintah dengan cepat (command line shortcut) yaitu menggunakan wildcard, kunci Tab dan history :

• Wildcard
Ketika mengetikkan perintah, biasanya perlu memanggil/menggunakan perintah yang sama untuk beberapa file pada waktu yang sama. Penggunaan wildcard atau meta karakter, memungkinkan untuk memetakan beberapa nama file dengan proses yang disebut globbing. Beberapa wildcard antara lain:
- * : satu atau lebih karakter yang sesuai
- ? : single karakter yang sesuai
- [a-z] : satu jangkauan karakter yang sesuai
- [^a-z] : semua karakter yang sesuai kecuali jangkauan tersebut
Sebagai contoh, jika satu direktori terdiri dari beberapa file: joshua.txt
alex.txt angelo.txt gong.mp3 zonk.mp3.
Bila diketikkan perintah :


$ rm *.mp3 sama dengan mengetikkan
$ rm gong.mp3 zonk.mp3



• Kunci Tab
Kunci Tab digunakan untuk meneruskan perintah baris dengan lengkap. Kunci ini dapat digunakan untuk melngkapi nama perintah atau nama file. Untuk melengkapi nama file, ketik perintah dan dilanjutkan dengan ketik nama file. Jika yang diketikkan sudah merupakan karakter unik, tekan kunci tab. Jika nama file sudah berupa karakter unik, kunci tab akan melengkapi nama file. Sebagai contoh :

$ ls myf
Jika hanya ada satu file yang dimulai dengan myf yaitu myfile.txt maka nama file ini akan muncul di layar sebagai berikut
$ ls myfile.txt

• History
History diadaptasi dari C-Shell, yaitu catatan dari semua instruksi yang sejauh ini telah dilakukan. Catatan ini dapat dilihat sebagai history, kemudian dapat dipilih kembali, diedit dan dieksekusi. History memudahkan pemakai untuk mengedit kembali instruksi kompleks dan panjang, terutama bila terjadi kesalahan pada penulisan instruksi maupun parameter. Navigasi pada daftar history menggunakan karakter kontrool sebagai berikut :
^P (Ctrl-P) melihat instruksi sebelumnya
^N (Ctrl-N melihat instruksi berikutnya
!! eksekusi kembali instruksi sebelumnya
!! –3 3 instruksi sebelumnya akan diulang
!!88 ulangi instruksi no 88

Beberapa trik tentang history :
- Gunakan kunci panah atas dan bawah untuk melihat perintah sebelumnya.
- Gunakan Ctrl-r untuk mencari perintah pada history
- Untuk memanggil kembali argumen terakhir dari perintah sebelumnya gunakan kunci Esc (kunci escape dilanjutkan dengan periode) dan kunci Alt-(tekan kunci Alt dilanjutkan periode)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar